Tuesday, January 29, 2013

Sejarah Virus Komputer

Sejarah Virus Komputer

"A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer sistem or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows"(Fred Cohen)

Pertama kali istilah "virus" digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Dinamakan "Virus" arena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus dalam dunia kedokteran (biological virus).

awalnya adalah suatu jenis permainan/game. Mereka membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain akan di anggap sebagai pemenangnya. Permainan tersebut akhirnya menjadi permainan favorit tiap2 lab komputer. Akan tetapi, semakin lama program di ciptakan semakin berbahaya sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap permainan tersebut. Pada tahun 1980, program2 yang akhirnya di kenal sebagai "virus" telah menyebar ke luar lingkungan laboratorium dan mulai beredar di masyarakat umum.

Mengapa program tersebut dinamakan virus komputer? Sebenarnya, istilah virus komputer diambil dari istilah biologi, yaitu suatu microorganisme yang memperbanyak dirinya sendiri dengan cara menularkan dirinya kepada organisme lain. Istilah "Virus" diambil di karenakannya adanya kemiripan antara penyebaran program virus ke dalam program2 lain dan mekanisme penyebaran virus biologis ke dalam sel2 makhluk hidup.

Yang menjadi masalah, kenapa para programmer berlomba2 untuk menciptakan virus...? berbeda dengan virus secara Biologi yang terjadi dengan sendirinya, virus komputer mulanya diciptakan hanya sebagai suatu proyek penelitian dari para programmer. Sesuai perkembangan jaman, lama-kelamaan tujuannya beralih kepada hal2 yang bersifat negatif, yaitu digunakan untuk tujuan mengungguli orang lain. Biasanya, para programer yang sanggup membuat virus adalah yang terbaik, dengan kata lain sebagai ukuran apakah orang itu ahli di dalam bidang komputer atau tidak, ada juga yang membuatnya dengan tujuan ngerusak/ngejailin orang lain, akan tetapi ada juga yang sekedar sebagai hobi. Ada virus yang di sebut sebagai "virus baik". dikatakan demikian karena memang bersifat baik, menginfeksi komputer dengan tujuan mempatch system / menghapus virus lain yang bersifat merusak, Namun, perbedaan yang mendasar dengan program lain adalah virus dibuat untuk menulari program2 lainnya, mengubah, memanipulasinya, bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat di sini bahwa virus hanya akan menulari apabila pemicunya sudah di eksekusi, disinilah di bedakan antara "virus" dengan "worm".

pasti anda pernah bertanya dalam diri sendiri, kenapa komputer saya terkena virus...? sebenarnya, kebanyakan virus menyebar/menginfeksi komputer anda melalui perantara, seperti lewat storrage external. Contohnya, flasdisk yang anda masukkan sudah terinfeksi virus dan anda mengcopykan file yang ada pada flasdisk tersebut ke dalam komputer dan meng eksekusinya, karena ketidak tahuan ini komputer yang tadinya tidak terinfeksi virus sekarang jadi tertular. Namun, semua itu tergantung dari karakteristik virus tersebut. Ada yang langsung menginfeksi ketika flasdisk di dibuka, ada yang menunggu program yang terinfeksi di eksekusi, dan ada juga yang tergantung dengan waktu, Selain lewat media penyimpanan, ada juga yang memanfaatkan fasilitas email di bagian file attachments. Ada beberapa virus yang pada waktu di scan menggunakan program antivirus tidak terdeteksi, Kenapa bisa gagal mendeteksi...?

Sama seperti virus biologi, virus komputer adalah program yang dapat membelah diri dengan sendirinya yang dapat menyebar dengan cara mengcopy atau meperbanyak diri ke program aplikasi atau dokumen pada umumnya. Selain itu, virus juga dapat menginfeksi registry maupun mengatur penjadwalan untuk berkembang biak. Secara analogi, process masuknya virus ke dalam program dinamakan 'Infeksi' dan infeksi pada file(atau kode EXE yang bukan bagian dari file) dinamakan 'host'. Virus adalah satu dari beberapa software jahat atau "malware". Dalam bahasa biasa, istilah virus sering di samakan dengan worms, trojan, dan lainnya. Sebagian virus yang menyebapkan proses komputer menjadi lambat bisa disebut sebagai 'BOM'. Sebagai contoh, virus memungkinkan anda utnuk menampilkan pesan dalam kurun waktu tertentu atau menunggu sampai virus tersebut menginfeksi beberapa host (dalam jaringan). 'Bom Waktu' terjadi dalam selang waktu tertentu dan 'Bom Logic' terjadi ketika pengguna komputer mengambil program yang merupakan alat picu bom.

Sebenarnya, Virus komputer tersebut tidak berkembang dengan sendirinya. Di balik perkembangan virus komputer ternyata ada banyak orang yang mempelopori perkembangannya, mereka yang mengembangkan teknik2 baru dalam pemrograman virus komputer, maupun trik2 pemrograman virus tersebut.

Mereka yang mengembangkan virus komputer antara lain :

a. Fred Cohen

    Dimulainya abad perang virus komputer dunia, yaitu sekitar tahun 1980-an, bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan assisten professor di universitas cicinati, ohio. dalam pemaparannya, fred juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya. Suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer.

Banyak di antara para ahli yang menyalahkan kehadiran fred tersebut, tetapi banyak juga yang menyatakan bahwa sebenarnya virus telah ada jauh sebelumnya walaupun tidak di ketahui kehadirannya.

b. Mark Ludwig

    Sekitar tahun 1988, Mark Ludwig, yaitu seorang lulusan MIT dengan gelar PhD, mengenal sebuah program yang berjangkit dan beroprasi tak terkendali di dalam komputer yang menjadi mata pencarianynya. Mark Ludwig berpendapat bahwa program itu (virus) memiliki ciri khas seperti makhluk hidup, dan menganggapnya sebgai suatu misteri alam. Mark Ludwig berusaha mengungkap rahasia alam tersebut. Awal dari usahanya untuk mendapatkan contoh virus untuk di teliti sangat sulit. Usaha Ludwig untuk mendakati perusahaan antivirus guna mengakses koleksi virus mereka gagal. Akhirnya, Ludwig memutuskan untuk bekerja sendiri.

ia mendirikan BBS dan memberi imbalan US$25 untuk setiap virus yang terupload. upaya itu membuahkan hasil, dan berakhir dengan lahirnya buku tulisan sendiri, "The Little Black Boo Of Virus", buku tersebut banyak mendapat kecaman publik, tetapi Ludwig tetap meneruskan penelitiannya kembali dan kembali menerbitkan bukunya "The Little Black Boo Of Virus: The Aforemtioned Computer Virus, Artifical Life, and Evolution", yang di terbitkan tahun 1993. Mark Ludwig juga menciptakan sebuah program "Darwin Genetic Mutation Engine", yaitu sebuah program bantu yang mengubah virus DOS apa saja menjadi sangat canggih karena memiliki kemampuan untuk imunisasi dan bermutasi sehingga tidak terdeteksi antivirus.

c. Tom Ray

    Tom Ray adalah seorang Ekologis Universitas Delaware, dan menuntut ilmu di Advanced Telecommunication Research Institute International di Kyoto, Jepang. Ia menghilang dari hadapan publik, memasuki hutan belantara costa rica untuk melakukan penelitian. Setelah 2 tahun melakukan penelitian, pada tahun 1989 Ray melakukan pekerjaan penting dalam hidupnya, yaitu penelitian yang mengubah kariernya. Ia menciptakan Virus Komputer, persisnya meciptakan WORM, sebuah istilah program komputer yang dapat memperbanyak dan mengeksekusi dirinya tanpa bergantung pada program induk yang di tumpangi. Dalam Melakukan penelitian terhadap virusnya ray menciptakan sebuah lingkungan digital pada labnya, yang di namakan "Tierra" (Bahasa spanyol uttuk bumi), dan mulai menciptakan penghuninya yang di namakan "The Ancestor". Makhluq itu adalah worm pertama yang di ciptakan ray yang berupa kode bahasa mesin berukuran 80 byte dengan kemampuan memperbanyak di rinya sendiri. Saat di lepas dalam lingkungan Tierra, makluk itu segera menyebar dengan cepat dalam satuan menit saja, dan telah menghasilkan varian baru yang hanya berukuran 79 byte, lebih kecil dari pada pendahulunya. Setelah beberapa lama ray menemukan banyak varian baru keturunan "The ancestor", yaitu berukuran lebih kecil, 45,51 bahkan 22 byte. mahluk berukuran 45-51 tersebut bukan lagi worm. mereka sudah berbentuk virus parasit yang memanfaatkan kode2 produksi dari program lain yang lebih besar. Pada tahun 1994, ray memiliki ide baru untuk melepaskan Worm ciptaannya ke dalam global network, yang dituangkan ke dalam sebuah dokumen yang berjudul "A Proposal To Create a Network-Wide Biodiversity Reserve for Digital Organism", yang berisikan penjabaran untuk mempercepat Evolusi di dalam Tierra.

d. HellRaiser

    Seorang pembuat virus Komputer berumur sekitar 20 tahunan di ketahui hidup dari cek pengangguran dan tinggal di kawasan pemukiman pekerja kulit putih di kawasan new york. Ia cenderung menghabiskan waktunya di arena video game setempat. Namun, tidak ada satupun orang yang mengetahui nama aslinya. Satu2 nya keahliannya tercermin dari julukannya yang sudah di kenal luas dalam dunia komputer bawah tanah, HellRaiser.

HellRaiser adalah pendiri kelompok pembuat virus dunia bernama Phalkon/Skism. Ia juga pencipta 40Hex, sebuah tipe pemrograman virus yang di anggap brilian, suatu program virus siap pakai. HellRaiser menganggap virus adalah suatu bentuk grafity elektronis. Hal itu tidaklah mengherankan karena pada masa mudanya HellRaiser bekerja sebagai seorang tenaga ahli bidang grafity di new york. Pertama kali HellRaiser mendalami pembuatan virus komputer adalah dengan cara mendapatkan kode2 virus yang bernama "Virus-Exchange". Namun, kurangnya dana untuk masuk ke dalam virus exchange membuatnya melakukan manufer alternatif dengan meneliti dan mempelajari contoh virus jarusalem yang menginfeksi komputernya. Setelah pengamatan dan penelitian selama berminggu2, lahirlah virus pertamanya yang bernama "SKISM-1". Namun, HellRaiser belum merasa puas karena virusnya itu hanyalah hasil modifikasi dari virus jarusalem sehingga ia kembali mempelajari dan mendalami bahasa assembly DOS, dan mulai mengenalkan virusnya serta menyebarkan tekniknya ke kalangan Underground New York melalui layar BBS Hack/Phreak, dan berkomunikasi dengan pembuat virus lainnya yang tergabung dalam kelompok Legions Of Dooms, MOD, dan Chaos Club. Kemudian,HellRaiser mulai mendirikan grubnya sendiri yang bernama SKISM (Smart Kids Into Sick Method) yang bertujuan untuk memperdalam keahlian para anggotanya dalam mebuat virus. Grub itu mulai menyebarkan virus 40Hex buatannya ke Virus Exchange. Teknik 40Hex diperkenalkan pada bulan Mei 1991.

Setelah beberapa tahun, SKISM mulai bergabung dengan kelompok lain di New York, PHALCON, dan membentuk super grub Phalcon/Skism. juga telah bergabung beberapa kelompok lain seperti NUKE(Koalisi antara Kanada,Australia,Swiss,Taiwan) dan muncul grub2 lain seperti Trident dari eropa dan kelompok Zines, Setelah itu, perkembangan Virus Komputer Semakin meluas di dunia.

Sehabis masa2 pelopor pembuat virus komputer tersebut, baru bermunculan pembuat virus dari berbagai negara. Indonesia termasuk salah satunya. Teknologi pembuatan virus komputer semakin berkembang dikarenakan banyak virus yang di modifikasi dengan teknologi baru demi menghindari scanning AntiVirus. banyak program2 generator untuk virus yang disebarkan secara luas, yang dapat membuat virus instan/virus yang langsung jadi, tanpa pembuatnya mengerti tentang assembly, contohnya "virus creation laboratory" (VCL) yang di buat oleh Nohware Man, salah seorang anggota NUKE, "Phalcon/Mass Production Code Generator" (PS-MPC) dari Phalcon/Skism, "Instant Virus Production Kit" (IVP) dari Admiral Baily, seorang anggota YAM (Youngster Against McAfee), dan lain sebagainya, yang turut mengembangkan dan memperluas perkembangan virus komputer dunia.

source: book "the art of ASSEMBLY LANGUAGE: konsep dan aplikasi bahasa assembly" by Tintin Chandra

1 comment:

Ayrbyte said...

Terima kasih ya sudah berkunjung di mari.... semoga artikelnya bisa bermanfaat... :)

Post a Comment